• Selasa, 7 Desember 2021

Silsilah Sunan Kudus Kangjeng Djakfar Shodiq

- Kamis, 23 September 2021 | 12:00 WIB
Ilustrasi Sunan Kudus (Jarwoto)
Ilustrasi Sunan Kudus (Jarwoto)

Sunan Kudus yang dikenal masyarakat luas memiliki nama Djakfar Shadiq yang tidak lain ialah salah satu dari sembilan wali yang ada di tanah Jawa. Sesuai dengan nama julukannya, Sunan Kudus dimakamkan di Kota Kudus yang terletak di pantai utara Jawa Tengah, tepatnya di kompleks Masjid Menara dan Makam Sunan Kudus yang secara administratif tercatat di Kelurahan Kauman, Kecamatan Kota Kudus, Kabupaten Kudus.

Silsilah Sunan Kudus
Sunan Kudus memiliki beberapa versi nasabnya, yang pertama menurut versi Cirebon yang ditulis Rachman Sulendraningrat, disampaikan bahwa Sunan Kudus adalah putra Sunan Undung yang merupakan putra dari saudara Sultan Mesir. Sunan Undung dinikahkan dengan cucu Sunan Ampel yang bernama Syarifah atau yang dikenal dengan nama Nyai Ageng Manila, adik Sunan Bonang. Dari pernikahan itu lahirlah Raden Fatihan atau Djakfar Shodiq yang selanjutnya oleh masyarakat luas dikenal sebagai Sunan Kudus.

Silsilah Sunan Kudus dari penuturan keturunannya dari jalur garwo padmi (permaisuri) putri Adipati Terung adalah sebagai berikut:

Nabi Muhammad SAW Sayidina Ali r.a Sayidina Husein
Sayidina Zainal Abidin Sayidina Zainul Kabir Syaikh Mahmudinil Kabir
Syaikh Dulnapi (menikah dengan putri Prabu Brawijaya V, menurunkan Sunan Ampel) Nyi Ageng Menyura menikah dengan Syaikh Kaji Ngusman Kanjeng Sunan Ngudung
    Kanjeng Sunan Kudus

 

Silsilah di atas menunjukkan bahwa Sunan Kudus adalah keturunan dari Sunan Ngudung Bin Syaikh Kaji Ngusman, sedangkan menurut keturunan Sunan Kudus dari jalur isterinya bernama Dewi Rukhil Binti Sunan Bonang, ayahanda Sunan Kudus yaitu Sunan Ngudung Bin Ibrahim Asmarakandi dengan urutan silsilahnya sebagai berikut:

Nabi Muhammad SAW Sayidina Ali r.a menikah dengan Siti Fatimah (putri Rasulullah SAW) Sayidina Husein
Zaini al-Kubra Zainul Alim  Zainal Abidin
Zaini al-Khusai Maulana Jumadal-kubra  Ibrahim Asmarakandi
  Kanjeng Sunan Kudus Usman Haji (bergelar Sunan Ngudung di Jipang Panolan)

Berdasar catatan historiografi seperti Babad Tanah Jawi Naskah Drajat, Wali Sana Babadipun Parawali, Babad Cerbon, Sejarah Hidup Wali Songo. Bahwa Sunan Kudus adalah cucu buyut Syaikh Ibrahim as-Samarakandi yang dimakamkan di Gisikharjo, Palang, Tuban karena, ayahandanya Usman Haji adalah putra Raja Pandhita di Gresik atau Ali Murtadho, kakak Raden Rahmat Sunan Ampel.

Sumber Buku:

Salam, S. (1986). Ja’far shadiq sunan kudus. Kudus: Menara Kudus. dan (1988). Menara kudus. Jakarta: Kuning Mas.

Sunyoto, A. (2016). Atlas wali songo (Cetakan I). Tangerang Selatan: Pustaka IIMan dan LESBUMI PBNU.

Halaman:

Editor: Jarwoto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X