• Sabtu, 8 Oktober 2022

Pintu Khusus di Surga untuk Orang Puasa

Jarwoto
- Kamis, 14 April 2022 | 15:00 WIB
Ilustrasi Sajadah (pixabay.com)
Ilustrasi Sajadah (pixabay.com)

Puasa merupakan rukun Islam yang harus dipenuhi oleh seluruh Muslim di dunia. Ibadah yang satu ini menuntut kesabaran yang ekstra. Pasalnya, puasa harus menahan lapar dan dahaga selama seharian penuh, mulai terbit fajar hingga terbenamnya matahari.

Tidak hanya itu, selama puasa, orang juga tidak diperkenankan untuk melakukan maksiat dalam waktu yang cukup panjang, sehari penuh. Sebab, maksiat tersebut dapat menggugurkan pahala puasa. Dengan begitu, puasa yang dilakukan hanya menyisakan kelaparan dan kehausan, tanpa memperoleh anugerah pahala atas ibadahnya. Artinya, puasa dengan maksiat sia-sia belaka.

Tak pelak, puasa merupakan ibadah yang begitu istimewa. Karenanya, bagi yang mampu melaksanakannya dengan baik, ada berbagai macam imbalan istimewa pula yang telah Allah swt siapkan.

Di antara imbalan yang Allah siapkan untuk orang yang berpuasa adalah pintu eksklusif di surga nanti. Pintu surga yang satu ini dibuat hanya bagi mereka yang berpuasa. Tidak ada yang lain yang diperkenankan masuk ke surga melalui pintu tersebut.

Hal demikian ini disampaikan langsung oleh Rasulullah saw melalui beberapa haditsnya. Imam Ahmad bin Hajar al-Haitami al-Makki (909-995 H) atau yang dikenal Imam Ibnu Hajar dalam kitabnya yang berjudul Ithafu Ahlil Islam bi Khususiyyatis Shiyam mengutip hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari berikut.

في الجنة ثمانية ابواب, باب يسمى الريان لا يدخله الا الصائمون

Artinya, “Di surga, terdapat delapan pintu. Satu pintu bernama Al-Rayyan. Tidak ada yang masuk surga melalui pintu tersebut kecuali orang-orang yang berpuasa.”

Dalam hadits lain, dijelaskan lebih rinci mengenai proses orang-orang puasa itu masuk surga melalui pintu tersebut. Hadits ini diriwayatkan oleh Imam Ahmad, Imam Bukhari, dan Imam Muslim. Berikut haditsnya.

عن سهل بن سعد رضي الله عنه أن النبي صلى الله عليه وسلم قال: ان في الجنة بابا يقال له الريان يدخل منه الصائمون يوم القيامة. لا يدخل منه احد غيرهم, يقال: أين الصائمون؟ فيقومون فيدخلون. فاذا دخلوا أغلق عليهم. فلم يدخل منه احد.

Halaman:

Editor: Jarwoto

Sumber: NU Online

Tags

Terkini

Terpopuler

X