• Selasa, 7 Desember 2021

Berkah Membaca Surat Yasin di Malam Jumat Agar Terkabulnya Permintaan

- Kamis, 16 September 2021 | 20:00 WIB
Ilustrasi -- Yasinan Berjamaah. (pixabay)
Ilustrasi -- Yasinan Berjamaah. (pixabay)

Disetiap malam jumat kaum muslim membaca Surat Yasin dihadiahkan untuk para leluhur dan ahli warisnya yang telah mendahuluinya, selain itu juga memohon kepada Allah SWT agar permintaan dalam doa-doanya dikabulkan.

Berkah membaca Surat Yasin setiap malam jumat yang diyakini kaum muslimin Allah SWT akan mengabulkan permintaannya bukan tak berdasar atau asal menjalankan ritual baik belaka, tetapi atas dasar hadits riwayat Abu Dawud sebagai berikut:

من قرأ سورة يس والصافات ليلة الجمعة أعطاه الله سؤله

“Barangsiapa membaca surat Yasin dan al-Shaffat di malam Jumat, Allah mengabulkan permintaannya.” (HR Abu Daud dari al-Habr)

Amalan yang dijalankan kaum muslim diberbagai belahan dunia tidak ujug-ujug namun atas dasar dan anjuran dari Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh perawi hadist yang jelas.

Walaupun demikian ada yang berpendapat bahwa hadits diatas tergolong lemah, namun tetap dianjurkan dan dapat diamalkan isi kandungannya.

Syekh Ibnu Hajar al-Haitami mengatakan:

وقد تقرر أن الحديث الضعيف والمرسل والمنقطع والمعضل والموقوف يعمل بها في فضائل الأعمال إجماعا

“Dan merupakan ketetapan bahwa hadits dla’if, mursal, munqathi’, mu’dlal dan mauquf dapat dipakai untuk keutamaan amal menurut kesepakatan ulama.” (Syekh Ibnu Hajar al-Haitami, al-Fatâwâ al-Kubrâ al-Fiqhiyyah, Beirut, Dar al-Fikr, 1983 M, juz 2, hal. 53).

Halaman:

Editor: Jarwoto

Sumber: nu.or.id

Tags

Terkini

X