• Minggu, 29 Januari 2023

IPNU-IPPNU Harus Punya Kemandirian Politik dan Ekonomi

- Minggu, 18 Desember 2022 | 14:01 WIB
Pembukaan Konferwil IPNU-IPPNU Jateng
Pembukaan Konferwil IPNU-IPPNU Jateng

Para Pengurus dan kader Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) didorong agar sejak dini mempunyai kemandirian politik dan ekonomi.

Point penting itu merupakan pernyataan KH M Yusuf Chudlori (Gus Yusuf) saat berpidato selaku tuan rumah dalam Konferensi Wilayah IPNU/IPPNU yang digelar di Ponpes Syubbanul Wathon Giri Secang Magelang, Jumat (16/12).

Konferwil dihadiri Menteri Tenaga Kerja RI Ida Fauziyah, Anggota DPD RI Kholiq, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Wakil Ketua DPRD Jateng Sukirman, Ketua Fraksi PKB DPRD Jateng H Syarif Abdillah, Ketua PWNU Jateng KH Muh Muzamil, dan 1700 Pengurus IPNU-IPPNU Pusat maupun daerah.

Gus Yusuf membeberkan beberapa contoh, di antaranya Event Piala Dunia di Qatar, yang menurutnya sangat menginspirasi. “Piala Dunia itu tidak hanya sekadar bal-balan (sepakbola, Red), tetapi Qatar sebagai tuan rumah memberikan contoh kepada kita semua, bahwa di tengah liberalisme dan kapitalisme global, kita wajib hukumnya memiliki kemandirian politik dan ekonomi,” paparnya

Qatar mampu mempertahankan marwah dan tradisi keislamannya. Intervensi negara lain, kata Gus Yusuf, termasuk dari FIFA berhasil dikompromikan dengan tetap menjaga kedaulatan Qatar sebagai sebuah negara.

“Isu-isu liberalisme, seperti LGBT dan penjualan minuman keras berhasil ditepis dengan apik oleh Qatar, padahal tekanannya luar biasa, termasuk dari salah satu sponsor merk minuman keras. Semua itu karena Qatar kuat secara ekomomi dan mandiri secara politik,” ujarnya

Gus Yusuf kebetulan mendampingi Wakil Ketua DPR RI Gus Muhaimin Iskandar saat DPR RI kunjungan kerja ke parlemen Qatar. Fakta itu dikisahkan oleh DPR Qatar ketika ketemu Gus Muhaimin. “Dari stadion kita juga melihat suasana damai, tidak ada supporter atau holigans yang didapati mabok minuman keras,” ungkap Gus Yusuf yang memang menyaksikan langsung pertandingan bola dalam event paling akbar itu.

Pembukaan Konferwil IPNU-IPPNU Jateng

Gus Yusuf berharap kepada pengurus IPNU/IPPNU mumpung masih muda menciptakan ruang kemandirian ekonomi agar tidak mudah dibeli oleh oligarki. Manfaatkan semua peluang, termasuk program-program dari kementrian tenaga kerja. “Kekuatan ekonomi menjadi penting untuk menjaga kemandirian kita. Sementara memiliki sikap istiqomah dan kemandirian dalam berpolitik adalah untuk menjaga Ahulusunnah Wal Jamaah” tegas Ketua DPW PKB Jateng itu.

Halaman:

Editor: Eros A.

Tags

Terkini

Meneropong Hilal 1 Abad Nahdlatul Ulama

Senin, 23 Januari 2023 | 11:17 WIB

IPNU-IPPNU Harus Punya Kemandirian Politik dan Ekonomi

Minggu, 18 Desember 2022 | 14:01 WIB

Ahad Besok, Halaqah Fikih Peradaban Digelar di PTYQ

Sabtu, 12 November 2022 | 21:04 WIB

Digelar, Halaqoh Ulama Nasional

Rabu, 9 November 2022 | 05:29 WIB

Wisuda Pertama Ma'had Aly TBS Kudus Dilangsungkan

Jumat, 16 September 2022 | 13:22 WIB

WAPRES RI AKAN MEMBUKA PTQ RRI DI TAKENGON

Kamis, 14 April 2022 | 10:37 WIB

Harlah Ke-99 Mari Semarakkan dengan Pasang Bendera NU

Jumat, 11 Februari 2022 | 15:00 WIB

Terpopuler

X