• Selasa, 6 Desember 2022

Panduan Merawat Mobil Sedan agar Performanya Selalu Prima

Jarwoto
- Rabu, 9 November 2022 | 13:13 WIB
Ilustrasi Honda Accord
Ilustrasi Honda Accord

Banyak sekali aspek yang patut dipertimbangkan ketika memilih mobil. Pada umumnya, orang yang sudah memiliki lebih dari satu mobil bukan hanya memprioritaskan kepentingan untuk memuat banyak barang dan penumpang. Mobil kedua dan seterusnya digunakan untuk menunjang penampilan dan status sosial. Salah satu jenis mobil yang dapat memberikan kesan mewah adalah sedan.

Tak mengherankan jika hingga saat ini sedan masih sangat diminati masyarakat kalangan menengah ke atas di tanah air, salah satunya tentu saja Honda Accord. Tampilan mobil yang berkelas dan mewah membuat siapa pun yang menggunakannya jadi bangga. Kalau Anda tertarik membeli Honda Accord dalam waktu dekat, Anda bisa melakukan pemesanan di Blibli secara langsung. Fasilitas cicilan ringan dengan syarat pengajuan yang simpel membuat Anda tak ragu memesan Honda Accord atau jenis mobil lainnya melalui Blibli. Karena Blibli selalu memahami dan berusaha memenuhi setiap kebutuhan Anda.

Jika nanti Anda sudah memiliki mobil sedan impian, jangan lupa melakukan beberapa proses perawatan berikut ini agar performa mobil tersebut senantiasa prima:

  1. Memanaskan Mesin Mobil Secara Rutin
    Sedan keluaran terbaru memang memiliki performa mengagumkan dan daya tahan yang istimewa. Namun, bukan berarti Anda boleh mengabaikannya, terutama jika sedan tersebut jarang digunakan. Mesin mobil sedan harus tetap dipanaskan secara teratur minimal 1 minggu sekali untuk menjaga kondisi akinya. Alangkah lebih baik bila Anda mengendarai mobil tersebut selama beberapa saat bila kondisinya memungkinkan sehingga komponen olinya tetap melapisi mesin mobil dengan sempurna.
  2. Mengganti Oli Secara Teratur
    Sama seperti jenis mobil lainnya, sedan juga membutuhkan penggantian oli secara rutin. Penggantian oli harus dilakukan setiap mobil menempuh jarak maksimal 10.000 km atau 6 hingga 12 bulan sekali. Oli dengan label SNI sudah cukup untuk mendukung performa mesin. Jangan biarkan kondisi mesin mobil sedan terganggu bahkan rentan rusak parah hanya karena Anda malas atau lupa mengganti oli.
  3. Memeriksa Kondisi Ban
    Bukan rahasia lagi kalau sedan merupakan jenis mobil yang tingkat akselerasinya paling baik dibandingkan jenis mobil lainnya. Keunggulan tersebut tentu harus didukung kondisi ban yang prima. Oleh sebab itu, Anda harus rutin memeriksa kondisi ban, meliputi tekanan serta tekstur permukaan ban tersebut. Bila tekanan angin pada ban mulai menurun, Anda harus lekas mengatasinya supaya tidak mengganggu performa mobil secara keseluruhan. Demikian pula halnya dengan tekstur ban. Permukaan ban mobil sedan yang sudah mulai licin akan mengurangi kemampuan akselerasinya sekaligus memperbesar risiko kecelakaan, khususnya saat hujan.
  4. Mengecek Kondisi Aki
    Mobil sedan keluaran terbaru sudah dibekali berbagai fitur canggih yang membuat Anda nyaman. Pengoperasian fitur-fitur tersebut tentu sangat bergantung dengan kondisi aki. Itulah sebabnya proses perawatan aki juga tak boleh luput dari perhatian Anda. Saat mobil mulai menunjukkan tanda-tanda kerusakan aki (misalnya sulit dinyalakan), maka Anda harus bergegas mengganti aki mobil tersebut. Jangan biarkan masalah aki menyebabkan gangguan yang lebih fatal, misalnya mobil mogok saat berkendara di jalanan yang padat merayap.
  5. Melakukan Pemeriksaan Kaki-Kaki Mobil
    Kaki-kaki pada mobil sedan jelas jauh lebih pendek dibandingkan pada mobil SUV dan MPV. Karakteristik tersebut membuat kondisi kaki-kaki mobil sedan harus selalu terjaga supaya tidak mengganggu performa mobil. Jangan biarkan kaki-kaki mobil yang retak atau bengkok membuat aktivitas berkendara jadi kurang nyaman. Selain bagian kaki-kaki, komponen suspensi juga patut diperhatikan. Sebab komponen tersebut berperan penting meredam getaran mobil supaya Anda maupun keluarga tidak terganggu oleh guncangan keras sewaktu melewati jalanan yang kurang mulus.
  6. Memeriksa Komponen Cairan Mobil
    Selain oli, masih banyak komponen cairan mobil sedan yang patut mendapat perhatian, antara lain air radiator, wiper, minyak rem, serta air aki (jika memakai aki basah). Jangan sampai komponen cairan mobil tersebut bocor atau habis sehingga menurunkan performa mobil secara keseluruhan. Manfaatkan waktu senggang Anda untuk memeriksa komponen cairan mobil secara teratur.
  7. Mengamati Kondisi Komponen Lampu
    Komponen mobil sedan berikutnya yang tak kalah penting adalah lampu. Bukan hanya lampu utama, lampu belakang, dan lampu rem yang mesti diamati. Ada berbagai komponen lampu lainnya, seperti lampu hazard, lampu mundur, lampu sein, dan lampu kabut yang berperan penting mendukung keselamatan berkendara. Jangan biarkan lampu mobil mati permanen sebab hal tersebut dapat meningkatkan risiko kecelakaan sewaktu berkendara di malam hari atau ketika cuaca berkabut.
  8. Membersihkan Kotoran pada Mesin
    Banyak orang tidak menyadari bahwa akumulasi kotoran yang menumpuk di mesin bisa mengganggu performa mobil. Seiring berjalannya waktu, kotoran tersebut membebani kinerja mesin sehingga tenaga yang dihasilkan kurang maksimal. Untuk mencegah risiko tersebut, Anda harus teliti membersihkan kotoran pada mesin secara berkala. Pastikan bahwa setiap bagian mesin terbebas dari kotoran, khususnya bagian yang sulit dijangkau seperti timing belt.

Terakhir, jangan lupa melakukan servis berkala supaya mobil sedan kesayangan selalu berada dalam kondisi baik. Mobil yang performanya prima bukan hanya membuat aktivitas berkendara jadi nyaman dan lancar, melainkan juga punya nilai jual yang tinggi meski usianya terus bertambah. Mari merawat mobil kesayangan secara telaten mulai sekarang!

Editor: Jarwoto

Tags

Terkini

Ahad Besok, Halaqah Fikih Peradaban Digelar di PTYQ

Sabtu, 12 November 2022 | 21:04 WIB

Digelar, Halaqoh Ulama Nasional

Rabu, 9 November 2022 | 05:29 WIB

Wisuda Pertama Ma'had Aly TBS Kudus Dilangsungkan

Jumat, 16 September 2022 | 13:22 WIB

WAPRES RI AKAN MEMBUKA PTQ RRI DI TAKENGON

Kamis, 14 April 2022 | 10:37 WIB

Harlah Ke-99 Mari Semarakkan dengan Pasang Bendera NU

Jumat, 11 Februari 2022 | 15:00 WIB

Terpopuler

X