• Selasa, 6 Desember 2022

Ganjar Hadiri Peringatan Hari Wayang Dunia di ISI Surakarta

- Sabtu, 5 November 2022 | 09:09 WIB
Dalang dan wayang/ Foto: istimewa
Dalang dan wayang/ Foto: istimewa


SURAKARTA, Aswajanews.com – Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah, itu menghadiri gelaran peringatan Hari Wayang Dunia (HWD) yang dilangsungkan di Pendapa Ageng ISI Surakarta, Jum’at (4/11) kemarin.

Gelaran peringatan HWD VIII tahun ini yang akan berlangsung hingga Ahad (6/11) besok, mengusung tema “Mawayang Hayu: Wayang Moderasi dan Keberagaman”.

Ganjar, mengemukakan, tema HWD tahun ini sesuai dengan wayang yang bisa digunakan sebagai media bertutur. “Melalui wayang, dalang bisa bercerita tentang keberagaman, gotong royong, persatuan, hingga cerita yang membangun. Seluruh cerita itu bisa direpresentasikan dari tokohnya,” paparnya.

Dia menambahkan, dalam satu kesempatan, dalang dalam pagelaran wayang bisa menceritakan tokoh semacam Sengkuni. “Cerita ini, bisa menjadi diskusi luar biasa pada waktu-waktu seperti ini,” katanya dalam acara yang dihadiri Staf Khusus Menko Bidang PMK Bidang Reformasi Birokrasi, Ravik Karsidi, Rektor ISI Surakarta I Nyoman Sukerna, seniman kenamaan, Kirun.

Pada kesempatan itu, Ganjar juga mengisahkan tentang pertemuannya dengan dalang cilik, Kondang Kalimasada, siswa SD dari Kabupaten Boyolali, yang membuatnya kagum karena anak itu sejak dini telah belajar kesenian mulai dari Pedalangan, Sinden, hingga Pengrawit.

“Yang bikin saya bangga, mereka datang diantar orang tua dengan penuh kesadaran untuk belajar menari, nembang, ndalang, ngrawit,” ujarnya.

Editor: Eros A.

Tags

Terkini

Ahad Besok, Halaqah Fikih Peradaban Digelar di PTYQ

Sabtu, 12 November 2022 | 21:04 WIB

Digelar, Halaqoh Ulama Nasional

Rabu, 9 November 2022 | 05:29 WIB

Wisuda Pertama Ma'had Aly TBS Kudus Dilangsungkan

Jumat, 16 September 2022 | 13:22 WIB

WAPRES RI AKAN MEMBUKA PTQ RRI DI TAKENGON

Kamis, 14 April 2022 | 10:37 WIB

Harlah Ke-99 Mari Semarakkan dengan Pasang Bendera NU

Jumat, 11 Februari 2022 | 15:00 WIB

Terpopuler

X