• Selasa, 28 Juni 2022

WAPRES RI AKAN MEMBUKA PTQ RRI DI TAKENGON

Jarwoto
- Kamis, 14 April 2022 | 10:37 WIB
Logo PTQ ke-52 (Panitia PTQ ke-52)
Logo PTQ ke-52 (Panitia PTQ ke-52)

(Jakarta, 08/04/2022),- Wakil Presiden RI KH. Ma'ruf Amin akan membuka secara resmi PTQ Tingkat Nasional Ke-52 Tahun 2022, pada tanggal 13 April 2022, di Takengon Kabupaten Aceh Tengah. Selain Wapres, sejumlah pejabat juga direncanakan akan hadir diantaranya Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin, Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi, Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru, Gubernur NTB Zulkieflimansyah, Bupati Fakfak Untung Tamzil serta sejumlah Mitra RRI yang turut berpartisipasi dalam PTQ di Takengon Aceh Tengah.

Direktur Utama LPP RRI Hendrasmo mengatakan, Wapres menyampaikan kepada kami bahwa ia akan datang langsung dan membuka langsung PTQ RRI ke-52 ini.

“Wapres juga mengapresiasi dan menyambut baik digelarnya PTQ RRI ini, Wapres berharap di acara PTQ RRI ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses sehingga dapat memberikan kesemarakan di bulan Ramadan sebagai bulannya Al-Qur’an atau bulan turunnya Al-Qur’an”, ujar Hendrasmo

Menurut Hendrasmo, untuk lebih menyemarakkan bulan Ramadan, selain PTQ tahun ini, RRI juga menyelenggarakan berberapa kegiatan diantaranya pameran, tebar benih ribuan bibit ikan dan seminar yang diprakarsai oleh Pemkab Aceh Tengah. Kegiatan tersebut bertujuan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi (UMKM) berbasis kearifan lokal usaha menyarakat setempat untuk dapat memperlihatkan hasil karya mereka selama berlangsungnya PTQ di Tanah Kopi Gayo ini”, jelas Dirut RRI.

“Kami juga bersyukur dapat melakukan kolaborasi dengan Kementerian Agama, dimana PTQ RRI tahun ini untuk dewan juri semuanya ditetapkan, ditunjuk dan di ambil sumpah oleh Kementrian Agama dan mereka belum lama ini sudah di baiat”, kata Dirut RRI.

Sedangkan menyangkut jumlah peserta, YonasMarkus Tuhuleruw Direktur vLayanan dan pengembangan Usaha LPP RRI yang juga Ketua Umum Panitia mengatakan, event tahunan PTQ RRI yang diselenggarakan secara rutin sejak tahun 1968 itu, tahun ini diikuti lebih dari 3.000 peserta dari seluruh Indonesia. Peserta akan tampil di babak kualifikasi di setiap Satker RRI Daerah untuk kemudian juara pertama disetiap satker akan berlomba di Tingkat Nasional

“Karena dari tahun ketahun pesertanya terus bertambah, khusus untuk tahun ini kami menambah 1 nomor lomba yaitu katagori Tartail Qur’an khusus bagi Penyandang Disabilitas Sensorik Netra Putra.yang pertama kali diikutkan sejak penyelenggaraan event PTQ dilaksanakan. Sedangkan 3 katagori lomba yang setiap tahun di dilombakan yaitu kategori lomba Tilawah, Tahfidz dan Tausiah”, ungkap Yonas.

Yonas juga menjelaskan bahwa PTQ tahun 2022 ini mengusung thema “Rahmat Semesta, Pulih Bersama, Bangkit Perkasa”. Terkait thema tersebut kami ingin menyatukan rasa dan pikiran kita untuk bersama-sama menginplementasikan nilai-nilai ajaran Al Qur’an dengan menebarkan kebaikan pada sesama, berjuang tanpa henti guna terbebas dari terpaan badai Covid-19 serta tangguh menghadapi segala hal, termasuk keluar dan terbebas dari tekanan ekonomi global melalui kebangkitan ekonomi Indonesia yang kian mapan.

PTQ tahun ini akan memperebutkan hadiah uang total 225 juta rupiah serta Piala Bergilir dan PialaTetap Menteri Agama RI. Perlombaan untuk babak penyisihan berlangsung secara serentak di semua Satker RRI d seluruh Indonesia (1-5 April 2022) dan babak final berlangsung tnggal 13 – 17 April 2022, di Takengon Aceh

Halaman:

Editor: Jarwoto

Sumber: press release

Tags

Terkini

WAPRES RI AKAN MEMBUKA PTQ RRI DI TAKENGON

Kamis, 14 April 2022 | 10:37 WIB

Harlah Ke-99 Mari Semarakkan dengan Pasang Bendera NU

Jumat, 11 Februari 2022 | 15:00 WIB

Terpopuler

X