• Selasa, 7 Desember 2021

Museum Islam Indonesia KH Hasyim Asyari 'MINHA' Dibuka Kembali Tepat Di Hari Pahlawan

- Rabu, 10 November 2021 | 21:35 WIB
Makam KH Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang (MINHA)
Makam KH Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang (MINHA)

Bertepatan dengan Hari Pahlawan 10 November 2021, Museum Islam Indonesia KH Hasyim Asyari (MINHA) Tebuireng, Jombang, resmi kembali dibuka, setelah ditutup untuk umum akibat pandemi Covid-19.

Selain itu, wisata religi makam KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur juga mulai dibuka , Adapun untuk jam operasionalnya masih dibatasi dengan aturan dari Pemkab Jombang.
Menurut Pengasuh Pesantren Tebuireng, KH Abdul Hakim Mahfudz pembukaan museum ini masih dibatasi, tidak buka selama tujuh hari penuh, begitu pula untuk yang ingin melakukan ziarah.

MINHA, mulai dibangun pada 2014 hingga diresmikan oleh Presiden Jokowi pada tahun 2018. Bangunan MINHA terdiri dari 4 lantai. Tiga lantai untuk ratusan koleksi berupa kitab kuno dan barang-barang pribadi milik pendiri NU KH Hasyim Asy’ari dan satu lantai untuk kantor.

Bondan Kanumoyoso, Sejarawan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia yang juga sekaligus kurator Museum Islam Indonesia KH Hasyim Asyari (MINHA) mengatakan bahwa Museum Islam Indonesia Hasyim Asy'ari diharapkan bisa menjadi tempat pembelajaran tentang sejarah dan budaya Islam dimana para pengunjung bisa memahami bahwa Islam yang berkembang dan dianut masyarakat Indonesia adalah yang menjujung tinggi nilai toleransi, menghargai perbedaan, dan unsur utama yang membentuk kesadaran kebangsaan Indonesia.

“Saya berharap museum ini menjadi pusat studi Islam Indonesia yang menjadi tempat bertemunya berbagai gagasan dan pemikiran yang menjunjung nilai-nilai Islam yang Rahmatan Lil Alamin", tutur Bondan saat dihubungin wartawan, Rabu 10 November 2021.

Penulis: Asyifa Kalamullah

Editor: Jarwoto

Tags

Terkini

X