Hikmah

Jari 98 Puji Kegiatan Positif Karutan Klas I Tangerang saat Bangun Renovasi Mushola Warga

Tangerang – Jaringan Aktivis Reformasi Indonesia (JARI 98) mengapresiasi kegiatan positif yang dilakukan oleh Rumah Tahanan Klas I Tangerang dalam rangka membangun renovasi Mushola Nurul Fatah dan dan tempat wudhu Desa Ciangir Kabupaten Tangerang. Pasalnya, kegiatan tersebut dipimpin langsung Karutan Klas I Tangerang Dedy Cahyadi didampingi Kasi Pelayanan Tahanan David Anderson dan Kepala Pengamanan Rutan Andi Surya.

“Upaya bersentuhan langsung dengan masyarakat luar ini pastinya disambut positif oleh publik tanah air. Sebab, kegiatan ini digelar serentak seluruh Indonesia,” ungkap tim investigasi Jari 98 Reynaldi, hari ini.

Menurut dia, layanan ini adalah bentuk pengabdian masyarakat re integrasi social dan rekonsiliasi masyarakat serta bisa mewujudkan pelayanan prima kepada masyarakat luas. Masyarakat sekitar pun mengucapkan terima kasih kepada Dedy Cahyadi yang mau turun gunung yang secara simbolis melakukan peletakan batu pertama pembangunan tersebut.

Selain itu, Rey pun dibuat kaget dengan penghuni Rutan Klas I Tangerang yang dikelilingi tembok tebal dan menjulang tinggi itu, sungguh menyeramkan. Namun siapa yang sangka di dalamnya memiliki napi-napi yang punya keahlian dalam berkarya dan kini mereka ikut terjun membantu membangun renovasi tempat ibadah tersebut. Kata dia, narapidana ini telah mengikuti program “Pasukan Merah putih” yang sudah di bentuk pada tanggal 1 Juni 2018 dan mereka adalah narapidana yang telah pilih dengan cara evaluasi dan sidang TPP diinternal pegawai Rutan, baik dengan melihat masa hukuman, skill atau keahlian serta sikap dan kepribadian.

“Keahlian yang didapatnya selama di Rumah Tahanan KLas I Tangerang melalui latihan dan pendidikan dibidang pertukangan dan bangunan dan pada saat ini merupakan bentuk implementasi pelatihan yang sudah didapatnya untuk diterapkan langsung mengabdi ke masyarakat,” jelasnya.

“Napi-napi yang punya keahlian ini, berkat polesan tangan dingin Dedy Cahyadi yang berhasil membina warga binaan tersebut. Secara pelan-pelan mereka bisa ikut terlibat mengabdi ke masyarakat sekitar,” kata Rey lagi.

Sementara itu, Kepala pengurus masjid Abah uci menyampaikan bahwa mewakili warga desa Ciangir Kabupaten tangerang sangat berterima kasih atas bantuan yang diberikan Rutan KLas I Tangerang guna merenovasi masjid dan memperbaiki tempat wudhu untuk mushola Nurul Fatah.

“Semoga dapat menjadi amal ibadah bagi seluruh Narapidan dan Rutan Klas I Tangerang,” tukasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top